7 Fungsi Dasar Pemasaran

>>>Sebelum membaca artikel ini, mau tau cara dapetin 300 Video Tutorial Pelajaran Bisnis Online? Yuk! Tonton dulu isi materi yang ada di SB1M! Kamu hanya cukup membayar 1x untuk mendapatkan semuanya SEUMUR HIDUP! dan materinya akan terus bertambah. Bagi Kamu yang tinggal di luar kota bisa belajar secara online! <<<

>>>Mau coba Free Membernya Terlebih Dahulu?? BISA!! Yuk Klik Di bawah ini!<<<

BANNER FREE MEMBER

Pemasaran adalah proses pendefinisikan, pengantisipasian, penciptaan, dan pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk produk dan jasa. Terdapat tujuh fungsi dasar dalam marketing, yaitu:

marketing

  1. Analisis konsumen: pemeriksaan dan evaluasi kebutuhan dan keinginan konsumen, meliputi pelaksanaan survey pelanggan, menganalisis informasi konsumen, mengevaluasi strategi positioning pasar, membuat profit pelanggan, dan menentukan strategi segmentasi pasar yang optimal. Informasi yang didapatkan dari analisis pelanggan dapat berarti penting dalam membuat pernyataan misi yang efektif
  2. Menjual produk/jasa: implementasi strategi yang sukses biasanya didasarkan dari kemampuan organisasi untuk menjual produk atau jasa. Menjual meliputi aktivitas pemasaran, seperti iklan, promosi penjualan, publisitas, personal selling, manajemen sales force, relasi pelangggan, dan relasi dealer.
  3. Perencanaan produk dan jasa: meliputi aktivitas tes pemasaran, positioning produk dan merk, memberikan jaminan, kemasan, menentukan pilihan produk, fitur produk, model produk, dan kualitas produk, menghapus prduk lama, dan menyediakan layanan konsumen. Perencanaan produk dan jasa penting jika sebuah perusahaan sedang mengejar pengembangan produk atau diversifikasi.
  4. Penentuan harga: ada lima stakeholder yang mempengaruhi keputusan penentuan harga: pelanggan, pemerintah, supplier, distributor, dan kompetitor.
  5. Distribusi: meliputi pergudangan, channel distribusi, lingkup distribusi, lokasi tempat retail, teritori penjualan, level dan lokasi inventory, angkutan transportasi, grosir, dan retail. Kebanyakan produsen saat ini tidak langsung menjual barang terhadap konsumen, melainkan melalui perantara seperti contohnya distributor.
  6. Riset pasar: merupakan perkumpulan, pencatatan, dan penganalisisan data secara sistematis tentang masalah yang berkaitan dengan pemasaran produk dan jasa. Riset pasar dapat menunjukkan kekuatan dan kelemahan kritikal, dan periset pasar menggunakan berbagai skala, instrumen, prosedur, konsep, dan teknik untuk memperoleh informasi.
  7. Analisis peluang: melakukan evaluasi biaya, keuntungan, dan resiko yang terkait dengan keputusan pemasaran. Tiga langkah yang diperlukan untuk melakukan analisis biaya/keuntungan: menghitung total biaya yang diperlukan dari sebuah keputusan; memperkirakan total keuntungan dari keputusan itu; membandingkan total biaya dengan total keuntungan. Ketika keuntungan yang diperkirakan melebihi total biaya, peluang tersebut menjadi lebih menarik.

>>>Mau Tau Tips-Tips Tentang Dunia Internet Marketing GRATIS selama 1,5 tahun Bernilai PULUHAN JUTA Rupiah?? Yuk Daftar Free Membernya Di Sini!<<<

Banner 600 - bawah - jangan salahkan laptopmu 2  

BANNER FREE MEMBER