Inilah 3 Kesalahan Fatal Dalam Negosiasi Bisnis!

>>>Sebelum membaca artikel ini, mau tau cara dapetin 300 Video Tutorial Pelajaran Bisnis Online? Yuk! Tonton dulu isi materi yang ada di SB1M! Kamu hanya cukup membayar 1x untuk mendapatkan semuanya SEUMUR HIDUP! dan materinya akan terus bertambah. Bagi Kamu yang tinggal di luar kota bisa belajar secara online! <<<

>>>Mau coba Free Membernya Terlebih Dahulu?? BISA!! Yuk Klik Di bawah ini!<<<

BANNER FREE MEMBER

Inilah 3 Kesalahan Fatal Dalam Negosiasi Bisnis!

Jika Anda adalah seorang pebisnis, maka negosiasi menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Anda akan bernegosiasi dengan semua orang, mulai dari klien, partner bisnis, ataupun karyawan Anda. Negosiasi merupakan dasar dari kewirausahaan. Maka dari itu, sangat penting untuk menghindari 3 kesalahan fatal dalam negosiasi bisnis ini dan cara mengatasinya.

inilah 3 kesalahan fatal dalam negosiasi bisnis

1. Terlalu serakah

Jika Anda terlalu agresif dan terlalu banyak menuntut, maka hubungan Anda dengan yang terkait akan menjadi rusak dan negosiasi akan berjalan buruk. Dalam bisnis, emosi berperan sangat penting karena akan menentukan tindakan Anda. Keinginan untuk menekan lawan demi mendapatkan deal bisnis yang lebih menguntungkan kita pasti akan muncul, serta terkadang ego kita untuk menang dalam sebuah negosiasi juga akan menguat. Maka dari itu, diperlukan kesadaran diri yang tinggi dan juga kerendahan hati untuk mengatasi rasa serakah ini.

serakah

Baca juga: Inilah 3 Tanda Anda Mulai Sukses!

2. Tidak mengetahui negosiasi apa yang sedang dijalankan

Ada 2 tipe negosiasi yang biasa dihadapi oleh para pebisnis. Yang pertama adalah negosiasi aset, yaitu biasanya hanya terjadi sekali saja dan di sini terlihat dengan jelas siapa pemenang dan siapa yang kalah. Contoh negosiasi tipe ini adalah pada saat penjualan peralatan. Pada negosiasi ini, penjual akan memaksimalkan harga jual tanpa memikirkan implikasi jangka panjang dari deal bisnis ini. Pada saat deal bisnis ini berakhir, maka Anda tidak perlu bekerja sama dengan pembeli itu lagi. Negosiasi bisnis tipe ini sifatnya lebih agresif.

Tipe negosiasi yang kedua adalah ketika kedua pihak mempertahankan relasi bisnisnya bahkan setelah negosiasi berakhir. Tipe negosiasi ini sifatnya lebih kompleks dan yang perlu diingat adalah kepercayaan, rasa hormat, dan kekaguman memiliki nilai yang tinggi dalam dunia bisnis. Ketiganya harus dimasukkan dalam strategi negosiasi dan juga dilindungi dengan sekuat tenaga.

3. Pertaruhan yang terlalu berisiko

risiko

Perlu disadari bahwa dalam suatu negosiasi, pihak lain bisa saja pergi begitu saja. Padahal jika ini menyangkut hubungan strategis, maka akan muncul biaya yang begitu besar atas dampak dari negosiasi tersebut. Jika hubungan bisnis merupakan pusat utama dari kesuksesan bisnis Anda, maka Anda harus menjaga keinginan Anda untuk bersikap terlalu agresif atau Anda akan berisiko kehilangan segalanya.

Pada saat bernegosiasi, perlu diingat bahwa sangat besar kemungkinan terjadinya kesalahan hanya dikarenakan ego. Maka dari itu, negosiator yang sukses harus memperhatikan ketiga hal di atas untuk mencegah risiko kehilangan segalanya.

Demikianlah 3 Kesalahan Fatal Dalam Negosiasi Bisnis! Semoga bermanfaat.

>>>Mau Tau Tips-Tips Tentang Dunia Internet Marketing GRATIS selama 1,5 tahun Bernilai PULUHAN JUTA Rupiah?? Yuk Daftar Free Membernya Di Sini!<<<

Banner 600 - bawah - jangan salahkan laptopmu 2  

BANNER FREE MEMBER